Transliterasi Simpel dan Elegan Pada Skripsi atau Buku

Salam Sobat SQ Blog ! Malam yang indah ini Admin ingin membagikan satu tips dan trik mengenai penulisan skripsi. Segala sesuatu hendaknya di awali dengan baik, admin yakin sudah hafal semua; "Akhir yang baik bersumber dari awal yang baik". Kira-kira itulah satu prinsip menuju kesuksesan. Begitupun ketika ingin memulai penulisan sebuah karya ilmiah, apalagi setingkat SKRIPSI. Sangat perlu memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal. Nah Sobat, satu hal yang harus disiapkan dari awal adalah Transliterasi.

Transliterasi dimaksudkan sebagai alih abjad dari satu bahasa ke dalam bahasa lain. Ini merupakan hal sepele dan bahkan tidak diperhatikan sama sekali. Walaupun ini tidak menjadi syarat utama, bahkan sebagian instansi kampus tidak mempersoalkan sama sekali, asal ada atau asal jadi, tetapi setidaknya ini menjadi nilai kualitas sendiri. Skripsi akan lebih elegan, cakep, dan teratur.

Sobat, disini admin ingin membagikan sebuah format transliterasi yang simpel dan elegan. Formatnya dapat diterapkan dalam penulisan, tidak asal menambah halaman pada skripsi. Transliterasi yang Admin jumpai pada umumnya panjang-panjang dan kadang-kadang membacanya saja sulit dipahami, apalagi dipraktikkan. Berikut format translitarasi yang admin maksudkan:


Format view transliterasi di atas hanya terdiri dari satu halaman saja. Simpel dan elegan kan? Sangat cocok untuk semua jenis karya ilmiah, baik skripsi, tesis, disertasi, bahkan buku sekalipun. Nhe, lihat beberapa buku yang memakai translitersi ini:


Buku Dr. Ahmad Khusnul Hakim, MA
(Dosen Institut PTIQ Jakarta)
Buku Prof. Dr. Quraish Shihab
(Direktur PSQ Jakarta)
Soal keren sobat, tidak diragukan lagi. Transliterasi ini termasuk produk terkini dalam versinya. hehe... Walaupun demikian, setiap orang punya selera, suka atau tidak suka itu tergantung pribadi masing-masing. Niat postingan ini hanya untuk share ilmu. Silahkan bagi Sobat SQ BLOG yang ingin TRANSLITERASI ini untuk di download dibawah.


free DOWNLOAD Versi Word
(Ukuran marjin-nya sdh sesuai standar skripsi,
atas dan kiri 4, bawah dan kanan 3)

Link 1 : Mediafire
Link 2 : Slideshare
Link 3 : Scribd
Link 4 : Other Link

Satu lagi sobat, kendala utama dalam transliterasi ialah sangat sulit memakainya, alias dalam istilah word disebut, insert-insertnya sangat membosankan. Yach, kita maklumi, memakai tranliterasi tidak lupuk dari penggunaan insert symbol yang lumayan rumit. Apalagi jika harus mengerjakan file setebal skripsi, pasti repot jadinya.

Nah, transliterasi di atas menjadi salah satu solusinya. Tetapi, Sobat harus menggunakan huruf/font "TIMES NEW ARABIC" sebagai pengganti font "TIMES NEW ROMAN". Sebab transliterasi di atas hanya support dengan font "TIMES NEW ARABIC". Artinya transliterasi di atas tidak dapat dijalankan jika menggunakan font "TIMES NEW ROMAN"Seperti kita ketahui bahwa syarat penulisan skripsi ialah menggunakan font "Times New Roman". Jangan khawatir, versi kedua huruf ini persis banget, sama sekali tidak ada perbedaanya. Desain formatnya telah disesuaikan dan sangat membantu penulisan yang sarat dengan teks-teks Arab. 


Silahkan baca info font "TIMES NEW ARABIC" DISINI

Transliterasi, hasrul, rulhas, rul, alih bahasa, abjad

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.