I'tiqad / Firqah dalam Dunia Islam

Pagi Sobat SQ - BLOG dimana pun berada !!! Kali ini Admin pengen bicara soal I'tiqad atau Firqah dalam dunia Islam. Admin berinisiatif membagikan informasi ini untuk memberika titik jelas antara I'tiqad/Firqah, Mazhab, Thariqah/Tarekat, Ormas dan berbagai istilah lain yang sering kita sama ratakan dalam penggunaanya khususnya dalam forum diskusi... Heheheee, Admin sendiri kadang juga keceplosan, maklum manusia tidak lupuk dari kesalahan. Namun, sebaik-baik manusia adalah yang menjadikan kesalahannya sebagai pelajaran !!!

Oky Sobat, Dalam memahami I'tiqad tidak akan terlepas dari istilah Ushuluddin (Pokok Agama) karena inilah cabang ilmu yang mengkaji I'tiqad secara umum dan rinci. Berikut pokok utama kajian dalam Ilmu Ushuluddin:
  • Ilahiyyat, kepercayaan yang bertalian dengan ketuhanan
  • Nubuwat, kepercayaan yang bertalian dengan kenabian
  • Hal-hal yang gaib, Kepercayaan menyangkut akhirat, sorga, neraka dan lain-lain
  • Dan lain-lain soal kepercayaan
Kajian Ushuluddin sering juga disebut Ilmu Kalam, Ilmu Tauhid, Ilmu A'qaid dan di Indonesia sendiri disebut Ilmu sifat dua puluh karena di dalam ilmu ini akan dibicarakan 20 sifat yang wajib bagi Tuhan.

Banyak hadis-hadis yang bertalian dengan akan adanya firqah-firqah yang berselisihan paham dalam lingkungan umat Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw. Diantara hadis-hadis itu adalah:

1. HR. Abu Daud, No. Hadis 4609


فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِى فَسَيَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِى وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ. (رواه أبوا داود، باب فِى لُزُومِ السُّنَّةِ)

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang hidup setelahku akan melihat perselisihan yang banyak. Maka, hendaklah kalian berpegang dengan sunahku, sunah para khalifah yang lurus dan mendapat petunjuk, berpegang teguhlah dengannya dan gigitlah dengan gigi geraham.



2. HR. Abu Daud, No. Hadis 2219

وأنه سيكون في أمتي ثلاثون كذابون كلهم يزعم أنه نبي وأنا خاتم النبيين لا نبي بعدي. (رواه الترمذي، باب ما جاء لا تقوم الساعة حتى يخرج كذابون)

Artinya: Ditengah-tengah ummatku akan ada 30 pendusta, semuanya mengaku nabi padahal aku adalah penutup para nabi, tidak ada nabi setelahku.

3. HR. Abu Daud, No. Hadis 2640

عن أبي سلمة عن أبي هريرة : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال تفرقت اليهود على إحدى وسبعين أو اثنتين وسبعين فرقة والنصارى مثل ذلك وتفترق أمتي ثلاث وسبعين فرقة. (رواه الترمذي، باب ما جاء في افتراق الأمة)

Artinya: Kaum Yahudi terpecah menjadi 71 atau 72 golongan. Sedangkan kaum Nashrani seperti itu juga. Dan umatku terpecah menjadi 73 golongan.

4. HR. Abu Daud, No. Hadis 2641

إن بني إسرائيل تفرقت على ثنتين وسبعين ملة وتفترق أمتي على ثلاث وسبعين ملة كلهم في النار إلا ملة واحدة قالوا ومن هي يا رسول الله قال ما أنا عليه وأصحابي. (رواه الترمذي، باب ما جاء في افتراق الأمة)

Artinya: sesungguhnya bani Israil terpecah menjadi tujuh puluh dua golongan dan ummatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan semuanya masuk ke dalam neraka kecuali satu golongan, " para sahabat bertanya, "Siapakah mereka wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Mereka adalah golongan yang mana aku dan para sahabatku berpegang teguh padanya". Abu Isa berkata; 'Hadits ini hasan gharib mufassar, kami tidak mengetahuinya seperti ini kecuali dari jalur sanad seperti ini.'


Disebutkan dalam Kitab Bugyatul Musytarsyidin, karangan Mufti Syaikh Sayid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein bin Umar, yang dimasyhurkan dengan gelar Ba'lawi menyebutkan bahwa (dalam ruang lingkup Islam - pen.) 72 firqah yang sesat itu berpokok pada 7 firqah:

  1. Kaum Syiah, berlebih-lebihan memuja Sayyidina Ali karramallahu wajhahu. Mereka tidak mengakui khalifah Abu Bakar, Umar, dan Utsman, Radiyallahu Anhum. Kaum Syiah terpecah menjadi 22 aliran;
  2. Kaum Khawarij, kaum yang berlebih-lebihan membenci Sayyidina Ali karramallahu wajhahu, bahkan ada diantara mereka yang mengkafirkan Sayyidina Ali. Kaum Khawarij terpecah menjadi 20 aliran;
  3. Kaum Mu'tazilah, kaum yang berpaham bahwa Tuhan tidak mempunyai sifat, Tuhan tidak bisa dilihat dengan mata di sorga, menyakini adanya bainal manzilatain, dan lain-lain. Kaum Mu'tazilah terpecah menjadi 20 aliran;
  4. Kaum Murji'ah, kaum yang memfatwakan bahwa membuat maksiat tidak memberi mudharat kalau sudah beriman, sebagaimana keadaanya membuat kebajikan tidak memberi manfa'at kalau kafir. Kaum Murjiah terpecah menjadi 5 aliran;
  5. Kaum Najariah, kaum yang memfatwakan bahwa perbuatan manusia adalah makhluk, yakni dijadikan Tuhan. Kaum Najariah terpecah menjadi 3 aliran;
  6. Kaum Jabari'ah, kaum yang memfatwakan bahwa manusia tidak berdaya apa-apa. Kasab atau Usaha tidak ada sama sekali. Kaum ini hanya 1 aliran
  7. Kaum Musyabbihah, kaum yang memfatwakan bahwa ada keserupaan Tuhan dengan manusia, umpamanya bertangan, berkaki, duduk di kursi, turun tangga dan lain-lain. Kaum ini juga hanya 1 aliran.
Jadi, jumlahnya adalah:

>> Kaum Syiah                             :        22  aliran
>> Kaum Khawarij                       :        20  aliran
>> Kaum Mu'tazilah                    :        20  aliran
>> Kaum Murji'ah                         :         5  aliran
>> Kaum Najariah                        :         3  aliran
>> Kaum Jabari'ah                      :         1  aliran
>> Kaum Musyabbihah               :         1  aliran

Jumlah.......................................... =        72  aliran

Kalau ditambah 1 lagi, yaitu I'tiqad Ahlusunnah wa al-Jama'ah maka cukuplah menjadi 73 aliran sebagaimana yang disebutkan dalam hadis di atas. Demikianlah uraian jumlah I'tiqad dalam Kitab Bugyatul Musytarsyidin karya Ba'lawi.

Adapun Kaum Qadariyah termasuk golongan kaum Mu'tazilah, kaum Bahaiyah dan Ahmadyah Qadyan masuk golongan kaum syiah, kaum Ibnu Taimiyah masuk dalam golongan kaum Musyabbihah dan Wahabi termasuk kaum pelaksana dari paham Ibnu Taimiyah.

WALLAHU A'LAM BI AL-SHAWAB 

Rujukan Utama: 
Sirajuddin Abbas, I'tiqad Ahlusunnah wal Jama'ah, Jakarta: Pustaka Tarbiayah Baru, 2008
Label:

Posting Komentar

[facebook][blogger]

Author Name

Abdul Somad

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-JomNWnKTeaA/WgsRFWh_ALI/AAAAAAAAG7E/1Rzp6Wg6VUofCBa-ebIp5hwoVc3sUt2RgCLcBGAs/s640/Spoiler%2B2%2Bbahasa%2Buntuk%2Bblogger.jpg} Do not give up just because it failed at the first opportunity, Something precious you will not have it easily. Keep trying! {facebook#https://www.facebook.com/somadabdul8708} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.