Contoh Proposal Musabaqah Antar Kampus

Sobat SQ - BLOG, kesempatan ini sharing sedikit mengenai cara membuat proposal, tepatnya mengenai anggaran pengadaan acara musabaqah mahasiswa antar kampus. Tentunya, proposal merupakan kata yang tidak familiar lagi di telinga teman-teman, apalagi para mahasiswa. Maklum, dunia mereka banyak di isi dengan kehidupan organisasi.

Ana sendiri, boleh dikata sejak semester 1-4 hampir presantase waktu saya di organisasi dengan kampus berbanding 70% : 30%, waktu yang fantastis, heheee !!! Daya tarik kehidupan organisasi bagi mahasiswa memang memiliki magnet tersendiri. Dunia bebas tapi punya tujuan, penuh pergaulan dan persahabatan, pergulakan emosi dan rasa, tempat pelampiasan dan bersahaja. Semuanya perlu kontrol dan batasan. Banyak yang meraih kesuksekan olehnya dan tidak sedikit juga yang terperangkap dengannya. Namun bagi saya, dunia organisasi sangat bersinergi dengan kehidupan kampus. Setelah hari-hari tersebut berlalu, diri ini menyadari akan harapan utama pada dunia kampus. Maka sejak semester 5 sampai sekarang hari-hariku kembali Normal dengan rasa puas akan apa yang saya dapatkan dalam dunia organisasi. Salah satunya mengenai teknik membuat proposal. Yach, kita kembali ke laptop mengenai "Cara Membuat Proposal Anggaran Pelaksanaan Musabaqah Mahasiswa Antar Kampus". Berikut uraiannya Sobat !!!


>> COVER PROPOSAL



A. DASAR PEMIKIRAN

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Juga dimaksudkan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar manjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan adalah diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan, tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional itu, maka perlu adanya pembinaan mental dan spiritual bagi mahasiswa sebagai upaya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pemahaman dan penghayatan terhadap isi kandungan Al-Qur’an. Salah satu sarana mewujudkan hal itu adalah menyelenggarakan kegiatan MTQ Mahasiswa Antar Kampus Se-Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini menjadi penting sebagai wahana uji evaluasi kemapuan dan bakat masing-masing mahasiswa. Hal ini penting untuk melihat sejauh mana keaktifan dan kekreatifan para mahasiswa selama ini terhadap al-Quran. Atas, modal tersebut, proses pembinaan terhadap para mahasiswa pada masa selanjutnya dapat lebih terarah dan maksimal dalam menyiapkan generasi masa depan yang dan berkarakter dan berjiwa semangat al-Quran. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi untuk membentuk pemimpin-pemimpin bangsa masa depan yang berjiwa al-Quran untuk mengemban Indonesia yang lebih baik. Harapan segenap panitia, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik serta mendapat apresiasi dari semua pihak khususnya mahasiswa/mahasiswi dari segenap kampus di dalam daerah Sulawesi Tenggara.


B. DASAR KEGIATAN
  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Th. 2012 Tentang Pendidikan Tinggi 
  3. Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 182A tahun 1988 dan No. 48 Tahun 1988 tentang Organisasi Lembaga PengembanganTilawatil Qur’an (LPTQ)
  4. Keputusan Menteri Pendidikan & Kebudayaan No. 155/0/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi
C. NAMA KEGIATAN

Musabaqah Mahasiswa Mahasiswa Antar Kampus (M2AK) Se-Sulawesi Tenggara


D. TEMA KEGIATAN

“Membentuk Mahasiswa yang Aktif, Kreatif dan Berjiwa Qurani untuk Generasi Umat Masa Depan”


E. MAKSUD DAN TUJUAN
  • Maksud Kegiatan adalah:
  1. Meningkatkan pemahaman Al-Qur’an di kalangan mahasiswa melalui pendalaman dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan.
  2. Mengaktualisasikan nilai-nilai kandungan Al-Qur’an di kalangan Mahasisiwa dalam kehidupan.

  • Tujuan Kegiatan adalah
  1. Meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah melalui budaya baca Al-Qur’an pada MTQ mahasiswa antar kampus se-Sulawesi Tenggara.
  2. Melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia berkenaan dengan Al-Qur’an.
F. WAKTU DAN TEMPAT

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mahasiswa antar kampus se-Sulawesi Tenggara akan dilaksanakan:
  • Hari             :      Senin – Kamis
  • Tanggal      :      13-16 Ramadhan 1434 / 22-25 Juli 2013
  • Tempat       :      Kampus Haluoleo Kendari, SULAWESI TENGGARA

G. PESERTA

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mahasiswa antar kampus se-Sulawesi akan dihadiri oleh seluruh perwakilan kampus yang terdapat di daerah Sulawesi Tenggara.


H. BIDANG MUSABAQAH / LOMBA

Bidang musabaqah mahasiswa antar kampus 2013 yang diadakan di sekitar kampus Haluole kendari terdiri atas 6 cabang, yaitu: 

  1. Musabaqah Hifzhil Qur’an atau Lomba Menghafal Al-Qur’an 10 juz (Putra dan Putri)
  2. Musabaqah Hifzhil Qur’an atau Lomba Menghafal Al-Qur’an 20 juz (Putra dan Putri)
  3. Musabaqah Hifzhil Qur’an atau Lomba Menghafal Al-Qur’an 30 juz (Putra dan Putri)
  4. Musabaqah Tilawatil Qur’an atau Lomba Tilawah Al-Qur’an (Putra dan Putri)
  5. Musabaqah Qira’ah Sab’ah dengan Riwayat Warsy dan Qalun (Putra dan Putri)
  6. Musabaqah Menulis Ilmiah al-Quran (Putra dan Putri)
I. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

J. AGENDA ACARA

Terlampir

K. ANGGARAN DANA

Terlampir

L. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat dengan senantiasa mengharap Ridha Allah SWT semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, Amin !!!

>> LEMBAR PENGESAHAN




>> LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran I  :  Susunan Panitia





Lampiran II  :  Agenda Acara




Lampiran III  :  Anggaran Dana





Format Proposal ini merupakan tugas saya dalam mata kuliah "Manajemen MTQ", karenanya mohon maaf jika terdapat kekeliruan !!!

SEKIAN SOBAT !!!
Semoga Bemanfaat, oh yach... silahkan download pdf atau word-nya !!!

pdf link 


word link

Posting Komentar

[facebook][blogger]

Author Name

{picture#http://1.bp.blogspot.com/-_307Ah0ton8/VGkfo2ZBEsI/AAAAAAAACys/RDRvS3VgoD4/s1600/Rul%2BPengakuan%2BDiri.jpg} Putra Duri yang suka berpetualangan, dari Enrekang di SulSel ke SulTra Kolaka, kemudian malang melintang di Jawa hingga ke Jakarta sampai berlabuh di Depok bersama si Dia. Sosok pegiat Tafsir Ilmi ini, juga hobby Futsal, Khataman, Tennis Meja, Blogging, dan renang. {facebook#https://web.facebook.com/RulHas.SulTra} {twitter#https://twitter.com/RulHasBS} {google#https://plus.google.com/+HasrulBS} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/hasrul-bs-31102835/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.