Solusi Hardisk yang Terkena Virus Shortcut


SQ BLOG - Salam semua sobat,... Pagi cerah ini menjelang kuliah, sedikit berbagi tentang cara ampuh mengembalikan Hardisk Eksternal yang terkena VIRUS SHORTCUT. Bermula ketika seorang teman meminta untuk dicopykan sebuah file ke laptopnya, begitu saya ingin membuka hardisknya, entah bercampur rasa putus asa dan ..!!?? melihat dalam sekejap saja semua file saya berubah dalam bentuk SHORCUT dan berukuran 2 KB. Inilah priviewnya:



Bagi sobat yang mengalaminya hal serupa, jangan dulu panik karena virus shortcut hanya menghidden file sobat sehingga tidak terbaca di PC. Sebenarnya pada properties, ukurannya masih tetap. Namun sarannya, janganlah membukan file apapun pada hardisk untuk menghindari penyebarannya. 



Setelah muter-muter ke sana kemari dan mencoba berbagai cara, akhirnya saya menemukan cara gampang mengatasi virus shortcut dan mengembalikan hidden foldernya. Ok, langsung saja berikut langkah-langkahnya:



1. Buka Command Prompt, caranya pada keyboard tekan secara bersamaan (Tombol windows "Biasanya memiliki logo + R")

2. Setelah muncul, ketik cmd dan pilih OK

3. Cari Hardisk yang akan kita pilih untuk mengembalikan file yang hilang. Misalnya Hardisk sobat ada di F, maka ketik pada jendela CMD F: lalu tekan Enter, viewnya kurang lebih seperti berikut:



4. Selanjutnya, Ketikan perintahnya attrib -h -r -s /s /d kemudian ENTER




Note:  
  • -h : adalah perintah untuk mengunhide seluruh file yang ada di drive F
  • -r : adalah perintah untuk membuat file-file yang ada di drive F tidak lagi read-only
  • -s : adalah perintah untuk melepaskan file-file yang ada di drive F dari system agar mudah dihapus

5. Tunggu sampai selesai !!! Lama tidaknya tergantung kapasitas hardisk sobat. Sabar dikit sampai filenya kembali normal, heheheeeee !

Setelah melakukan langka diatas dengan benar, InsyaAllah, hardisk sobat akan kembali Normal. Lihat hasil hardisk sayasekarang:




File-filenya telah nampak kembali, Sobat tinggal hapus file yang memiliki type "SHORTCUT" yang terletak dibawah file yang terhidden tadi. Semoga bermanfaat !!!

Posting Komentar

  1. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah .. trimakasih info nyaa broo .. sanggat membantu 😍👍

    BalasHapus
  3. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    BalasHapus

[facebook][blogger]

Author Name

Abdul Somad

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-JomNWnKTeaA/WgsRFWh_ALI/AAAAAAAAG7E/1Rzp6Wg6VUofCBa-ebIp5hwoVc3sUt2RgCLcBGAs/s640/Spoiler%2B2%2Bbahasa%2Buntuk%2Bblogger.jpg} Do not give up just because it failed at the first opportunity, Something precious you will not have it easily. Keep trying! {facebook#https://www.facebook.com/somadabdul8708} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.