Cara Konversi Manual dan Instan Tahun Hijri ke Masehi

Jika Anda mendapati angka tahun hijri, dan di tangan Anda hanya ada hp, Anda bisa mengkonversi tahun itu secara cepat dan sederhana. Caranya, angka tahun hijri x 32 : 33 + 622 = tahun masehi
Contoh: 1285 (Hijri) x 32 : 33 + 622 = 1868 (Masehi). Namun hasil ini kemungkinan +1, karena perbedaan rentang waktu antara tahun hijri dan masehi. Artinya, rentang waktu satu tahun hijri hampir selalu berada pada dua angka tahun masehi. Misalnya, tahun 1433 H berada pada tahun 2011-2012. Oleh karena itu, cara penulisan hasil konversi sebaiknya: 1285 H (1868/1869 M) atau 1285 H (1868-9 M). 

Itu jika kita hanya memiliki angka tahun hijri saja. Jika tahun hijrinya disertai hari, tanggal, dan bulan, lebih baik menggunakan cara konversi yang lain agar dapat ketemu hari, tanggal, bulan, dan tahun masehi yang pasti. Software-nya banyak tersedia di internet, misalnya http://rukyatulhilal.org/konversi/index.html, http://www.oriold.uzh.ch/static/hegira.html - atau cari melalui kata kunci, misalnya "konversi tahun hijriyah ke masehi". Dan jika pada hasil konversinya ada perbedaan hari, misalnya antara Ahad dan Senin, bisa jadi itu karena adanya perbedaan perhitungan awal hari. Permulaan hari pada tahun Qamariyah/Lunar (Hijriyah) dimulai pada waktu magrib, sedangkan pada tahun Syamsiyah/Solar (Masehi) dimulai pada pukul 24.00 dini hari.


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.